Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39797
Title: Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Logical Intelligence dan Visual-Spatial Intelligence Siswa SD Islam Taman Quraniyah Jakarta Selatan
Authors: Nurul Badriyah
Advisors: Fery Muhamad Firdaus
Keywords: Pembelajaran Tematik;Logical Intelligence;Visual-Spatial Intelligence
Issue Date: 25-May-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi, (2) meningkatkan kecerdasan logika siswa kelas IV SD Islam Taman Quraniyah melalui pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi, dan (3) meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa kelas IV SD Islam Taman Quraniyah melalui pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi. Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi merupakan proses belajar tentang budaya, belajar dengan budaya, belajar melalui budaya, bahkan belajar berbudaya, khususnya budaya Betawi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengaruh implementasi monitor, dan survei/refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi aktvitas guru dan siswa, tes kecerdasan logika, tes kecerdasan visual-spasial, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Taman Quraniyah yang berjumlah 27 anak, terdiri dari 14 perempuan dan 13 laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 siklus, data di analisis menggunakan nilai persentase hasil tes kecerdasan siswa. Peresentase hasil tes kecerdasan logika yang diperoleh sebesar 41% siswa dengan nilai rata-rata 57 pada siklus I setelah itu meningkat menjadi 70% siswa dengan nilai rata-rata 69 pada siklus II sehingga mencapai 85% siswa pada siklus III dengan nilai rata-rata 77. Sedangkan untuk hasil persentase kecerdasan visual-spasial siswa dari tindakan siklus I diperoleh 44% siswa dengan nilai rata-rata 66 meningkat menjadi 74% siswa dengan nilai rata-rata 74 pada siklus II sehingga mencapai 89% siswa pada siklus III dengan nilai rata-rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis budaya Betawi dapat meningkatkan kecerdasan logika dan kecerdasan visual-spasial siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39797
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nurul Badriyah-FITK42.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.