Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39638
Title: Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berpendekatan Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (SALINGTEMAS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Minyak Bumi
Authors: Wulan Sari
Advisors: Tonih Feronika, M.Pd
Dila Fairusi, M.Si
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpendekatan Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (SALINGTEMAS);Keterampilan Berpikir Kritis;Minyak Bumi
Issue Date: 4-Apr-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: Penelitian terdahulu menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kurang terlatih dengan baik, dikarenakan siswa kurang memandang kimia sebagai salah satu bagian dari ilmu sains yang terintegrasi dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpendekatan Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat (SALINGTEMAS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi minyak bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Kota Tangerang Selatan pada 27 November - 11 Desember 2017 di semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel penelitian masing-masing pada kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 37 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan yaitu tes uraian sebanyak 9 butir soal yang mewakili 11 indikator berpikir kritis Robert H. Ennis, kemudian jawaban siswa dianalisis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS versi 20 diperoleh data Sig (2-tailed) < α dan t-hitung > t-tabel, yaitu 0,02 < 0,05 dan 3,210 > 1,993, sehingga 𝐻1 diterima dan 𝐻0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBM berpendekatan SALINGTEMAS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi untuk guru sebagai model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39638
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WULAN SAR-FITK9.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.