Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39474
Title: Mengembangkan instrumen ujian komprehensif di program studi pendidikan fisika melalui Computer Based Test (CBT)
Authors: Iwan Permana Suwarna
Keywords: pendidikan fisika;computer based test
Issue Date: 2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Inovasi kinerja bidang pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu prasyarat universitas menuju World Class University (WCU). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Program Studi pendidikan fisika belum banyak membuat inovasi dibidang ini. Penggunaan papper based test selama ini telah banyak mengeluarkan dana cukup banyak, boros waktu, tingkat akurasi rendah serta kurang meberikan informasi yang rinci kompetensi yang dibutuhkan di abad 21. Permasalahan ini terjadi saat ujian komprehensif di tingkat Program Studi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen ujian komprehensif dalam bentuk computer based test (CBT) yang mengukur kemampuan higher order thinking skill (HOTs) pada materi fisika dan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan development research, dengan prosedur pengembangan dari Van de Akker. Tahap penelitian: preliminary research, prototyping stage, summative evaluation, systematic reflection and documentation. Penelitian berhasil menghasilkan instrumen komprehensif dalam bentuk CBT dengan: validitas 0,87 (sangat sesuai); reliabilitas 0,75 (tinggi); tingkat kesukaran 0,50 (sedang); efektivitas 94,63 (sangat efektif); dan kepraktisan 0,87 (sangat praktis). Instrumen mampu memberikan informasi: kemampuan berpikir pada tingkatan lebih tinggi, dan keterampilan proses sains mahasiswa. Instrumen mampu menghemat biaya pengeluaran 60%. Pengukuran HOTs pada materi fisika dan pendidikan belum dilakukan oleh program studi lain terutama dalam bentuk CBT. Penelitian ini berkontribusi dalam mengurangi pengeluaran dana operasional pelaksananaan ujian. Berkontribusi dalam mendeskripsikan kualitas output, memperkirakan keberhasilan proses perkuliahan, memperkirakan efektifitas kurikulum, merancang kriteria penerimaan mahasiswa baru. Instrumen yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai instrumen standar di Program Studi pendidikan fisika dalam mengontrol kualitas output secara cepat, efektif, dan efisien. Penggunaan inovasi dalam pengajaran ini menunjang pencapaian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi world class university. Kata kunci: computer based test (CBT), tes komprehensif berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), keterampilan proses sains, penelitian pengembangan (development research).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39474
Appears in Collections:Prosiding Workshop/Lokakarya/Seminar

Files in This Item:
File SizeFormat 
Fulltext.pdf1.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.