Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39114
Title: Education Identity and Recognition: The Shi'i Islamic Education In Indonesia
Authors: Zulkifli
Keywords: EDUCATION AND RECOGNITION
Issue Date: 1-Nov-2014
Publisher: Studia Islamika
Abstract: Artikel ini mencoba untuk menjelaskan peran pendidikan di antara lembaga-lembaga pendidikan Syiah di Indonesia dalam hubungannya dengan pembentukan identitas dan dengan persoalan pengakuan. Kendati jumlah pengikut Syiah itu kecil, keberadaan komunitas Syiah di Indonesia telah menarik perhatian besar Negara dan otoritas keagamaan, terutama sejak peristiwa kekerasan sektarian yang dilakukan terhadap kelompokkelompok minoritas. Tulisan ini akan mengikuti tiga hujah utama: pertama, masalah pengakuan adalah hal penting untuk pendidikan; kedua, pengakuan masyarakat adalah hal utama bagi pembentukan identitas; dan ketiga, lembaga pendidikan adalah wadah pembentukan identitas itu. Makalah ini memperlihatkan bahwa pendidikan adalah kendaraan yang sangat penting bagi kelompok Syiah untuk mendapatkan pengakuan dari mayoritas Sunni. Pendidikan memainkan peranan penting dan sistem sekolah Syiah yang mengadopsi dari Iran telah menyediakan proses pengakuan dan ruang pengakuan bagi kelompok ini untuk membuat Syiah menjadi suatu kelompok yang sah di dalam Islam Indonesia.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39114
Appears in Collections:Post Print

Files in This Item:
File SizeFormat 
ZULKIFLI-FISIP.pdf871.78 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.