Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39058
Title: Tahliil Muhtawaa Kitaab al-Qawaaid al-Asaasiyyah 'Ala Dhaui Ma'aayiiri William Francis Mackey
Authors: Zaim Najibuddin Rahman
Advisors: Aziz Fahrurrozi
Maswani
Keywords: Buku Ajar;William Francis Mackey
Issue Date: 27-Mar-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Zaim Najibuddin Rahman (1113012000025) : Tahlil Muhtawâ Kitâb al-Qawâ id al-‘Asâsiyah Li Lughah al-‘Arabiyyah ‘Alâ Dhaui Ma’âyîri William Francis Mackey Dirâsah Washfiyyah Tahlî liyah Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan isi materi kitab ini dan menjelaskan penyajian kitab ini berdasarkan kriteria yang ditawarkan oleh William Francis Mackey berupa seleksi، gradasi، repetisi dan presentasi. Peneliti menggunakan metode deskriptif untuk mendeskriptifkan susunan materi kebahasaan pada Kitab al-Qawaid al-Asasiyah Li Lughah al-‘Arabiyah dari segi kesesuaiannya dengan kriteria William Francis Mackey. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kitab ini merupakan salah satu karangan yang dikarang oleh Sayyid Ahmad al-Hasyimi. Kitab ini menggunakan metode deduktif yaitu diawali dengan kaidah lalu diberikan contoh-contoh yang berkaitan dengan kaidah-kaidah tersebut. Kriteria William Francis Mackey yaitu Seleksi berupa : 1. Tujuan Pembelajaran, 2. Tingkat Kemampuan Siswa, 3. Lama Waktu Belajar, 4. Pilihan Tipe Bahasa yang Dipelajari, 5. Faktor Kemungkinan Dipelajari. Gradasi berupa pengelompokkan dan pengurutan. Presentasi berupa Prosedur Diferensiasi, Prosedur Ostensif, Prosedur Pictoral, dan Prosedur Konstektual. Repetisi berupa pengulangan atau latihan yang berkaitan dengan kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kitab ini bukanlah buku ajar yang baik apabila digunakan oleh siswa non native bahasa arab baik untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah ataupun Madrasah Aliyah yang mereka itu tidak mempunyai kosakata arab yang banyak sebelumnya. Lain halnya dengan siswa-siswa pondok pesantren yang terbiasa menggunakan bahasa arab dalam kesehariannya dari tingkat Tsanawiyahnya، maka dimungkinkan untuk mempelajari ilmu nahwu dengan menggunakan kitab ini، karena ukuran pemahaman kosakata mereka sudah cukup. Apalagi bagi mahasiswa di kampus، seperti di Darussunnah yang menggunakan kitab ini. Kitab ini sesuai dengan teori William Francis Mackey dalam analisis desain dan metode pembelajaran، yaitu berupa seleksi materi، gradasinya، presentasi dan repetisinya، hanya saja di dalam seleksi materi، kurang sesuai dengan tingkat kemahiran siswa. Adapun dalam lingkup kemahiran bahasa، kitab ini sesuai dengan kemahiran membaca meskipun kitab ini merupakan kitab kaidah-kaidah nahwu yang bertujuan untuk memahami nahwu dan mempraktikkannya. Namun، kitab ini juga bisa digunakan untuk kemahiran bahasa lainnya bersamaan dengan metode pembelajaran yang digunakan oleh setiap guru yang menggunakan kitab ini.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39058
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
NAJIBUDDIN RAHMAN-FITK8.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.