Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3895
Title: Efektivitas penggunaan metode Qiraati terhadap Keamanan Mambaca AlQur'an yang Baik dan Benar
Authors: Toto Priyanto
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2011
Series/Report no.: 0111-05-8982;6883 PAI t
Abstract: Taman Pendidikan Al-Qur’an merupakan Lembaga Pendidikan non formal yang eksistensinya sangat besar dan memberikan sumbangsih yang berpengaruh terhadap pembekalan dan pengenalan nilai-nilai dasar ajaran agama Islam terutama dalam membaca Al-Qur’an serta pembentukan moral peserta didik. Perkembangan Taman Pedidikan Al-Qur’an dirasa cukup pesat dan berkembang hampir diseluruh pelsok daerah. Sejarah perkembngan Taman Pendidikan Al-Qur’an di Indonesia sudah cukup familiar di telinga masyarakat, berawal dari munculnya metode al-Baghdadi dari Baghdad, Irak sebagai metode yang pertama muncul dan berkembang di seluruh daerah di Indonesia dan dipakai hampir di setiap Lembaga Pendidikan Al-Qur’an. Kurikulum yang diterapkan di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an pada umumnya mengacu pada pengetahuan dasar Islam, namun lebih menekankan pada aspek pembelajaran Al-Qur’an yang merupakan tujuan utamanya yaitu mencetak generasi Qur’ani yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Seiring dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan texnologi, berkembang pula pemikiran, ide-ede dan gagasan baru. Dari situlah banyak bermuculan metode-metode baru yang dipakai dalam pembelajaran Al-Qur’an yang disesuaikan dengan keadaan masyarakat dan bertujuan mempermudah peserta didik dalam mempelajari bacaan Al-Qur’an. Paska muncul dan berkembangnya metode al-Baghdadi di Indonesia, muncul pula metode-metode pembelajaran Al-Qur’an yang bertujuan sebagai perbaikan dan mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap bangsa Indonesia terutama umat Islam. Banyak sekali metode yang berkembang di Indinesia, diantarana adalah Metode al-Baghdadi, Qiraati, al-Barqi, Iqra, Aba Ta Tsa, al-Itqan, al-Bayan, al-Islah, Arkoun, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak metode yang ada, sudah barang tentu masing-masing metode mempunyai ciri khas serta kekuranga dan kelebihan. Salah satu metode yang berkembang di Indonesia adalah Metode Qiraati Yang muncul di Semarang pada tahun 1963 yang dicetuskan oleh K.H. Dachlan Salim Zarkasyi yang pada waktu itu berprofesi sebagai guru ngaji dan pedagang. Munculnya Metode Qiraati tidak secara tiba-tiba, melainkan melalui perjalanan yang cukup panjang yaitu melalui eksperimen, studi banding, dan silaturahmi ke pesantren-pesantren yang dianggap maju dan berhasil dalam mengajarkan bacaan Al-Qura’an. Seiring dengan berkembangnya zaman, Metode Qiraati pada saat sekarang sudah berkembang di Indonesia di berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, bahkan sampai ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam.
Description: xii, 75 hal.; ilus.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3895
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TOTO PRIYANTO-FITK.pdf3.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.