Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38910
Title: fa'aaliyah istikhdaam istiraatijiyyah alqiroo'ah alfa'aalah (SQ3R) fii ta'liimi mahaaratil qiroah
Authors: Widayanti Alawiyah
Advisors: Syamsul Arifin
N. Lalah Alawiyah
Issue Date: 6-Mar-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Widayanti Alawiyah (1113012000044) : “Efektifitas Penggunaan Strategi Survey, Question, Reading, Recite, Review (SQ3R) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IX Madrasah Aliyah Negeri 11 Jakarta”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca yang dimiliki oleh siswa-siswi MAN 11 Jakarta baik dalam memahami isi teks bacaan dan kemampuan membaca teks bacaan. Pengajaran keterampilan membaca di sekolah masih menggunakan metode tradisional, tidak ada teknik lain yang mendukung pembelajaran terutama baik, maupun media pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Sehingga minat dan motivasi belajar siswa sangat rendah dalam pembelajaran dan merasa jenuh atau bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikkan efektifitas penggunaan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca dan membuktikkan tingkat kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kuasi kuantitatif. Dan metode yang diterapkan yaitu metode penelitian Deskriptif dan Eksperimen. Sampel penelitian terdiri atas 67 siswa, peneliti mengambil 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 34 siswa sebagai kelompok kontrol. Adapun dalam teknik pengumpulan data, digunakan 3 teknik yaitu Observasi Langsung, Wawancara dengan Guru Bahasa Arab, Tes Tertulis Qiraah (membaca) Pretest dan Posttest. Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan strategi (SQ3R) pada pembelajaran keterampilan membaca, rumus yang digunakan adalah (t-test). Penelitian ini menghasilkan perbedaan perhitungan statistik dalam nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk kelompok eksperimen 76,51 dan untuk kelompok kontrol 65,19. Nilai “t” hitung 5,35 dan nilai “t” table 2,01 pada taraf signifikansi 5% dan 2,66 pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian “t” hitung lebih besar daripada “t” table, berdasarkan hasil ini maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dari hasil diatas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan strategi SQ3R (Survey, Question, Reading, Recite, Review) dalam pembelajaran keterampilan membaca pada siswa di sekolah ini efektif.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38910
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Widayanti Alawiyah-FITK15.87 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.