Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38909
Title: istikhdamu istirotiijiyyah atta'allumi atta'awuni bi usluubi tahqiiqaati almajmuu'ati fii ta'allumi al qiroati
Authors: Siti Nurfaisa Rachmianti
Advisors: Torkis Lubis
N. Lalah Alawiyah
Keywords: strategi kooperatif tipe group investigasi dalam pembelajaran qiroah
Issue Date: 6-Mar-2018
Publisher: Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Nama : Siti Nurfaisa Rachmianti Nim : 1113012000059 Judul :Penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Grup Investigasi dalam .Pembelajaran Membaca (dengan menggunakan metode eksperimen di .Madrasah Tsanawiyah Al-Musyarofah Jakarta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Kooperatif tipe Grup Investigasi dalam pembelajaran Qiroa’ah untuk siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Al-Musyarofah Jakarta, dan melihat sejauh mana perbedaan yang dimiliki dari segi perhitungan signifikansi statistik antara nilai rata-rata siswa yang mempelajari Qiro’ah dengan menggunakan strategi Kooperatif tipe Grup Invetigasi dan nilai rata-rata siswa yang mempelajari Qiroa’ah menggunakan metode tradisional, dan sejauh mana efektivitas penerapan metode ini dalam pembelajaran Qiro’a. Untuk mewujudkan tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan mengklasifikasi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas delapan tahun ajaran 2017-2018. Dan mentukan sampel sebanyak 56 siswa, peneliti memilih 28 siswa untuk kelompok eksperimen dan 28 siswa untuk kelompok kontrol. Peneliti menggunakan test “t” dalam menganalisis data. Adapun teknik yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data yaitu: 1)wawancara; 2) observasi langsung; 3) pembagian tes tulis. Penelitian ini menghasilkan: 1) terdapat perbadaan secara perhitungan statistic dalam nilai rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pembelajaran Qiroa’ah sampai kepada nilai rata-rata hitung untuk kelas ekperimen 87,85 dengan kategori “sangat baik” dan kelompok untuk kontrol 74,64 dengan kategori “baik”; 2) adanya efektifitas dalam pembelajaran Qiro’ah dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Grup Invetigasi dengan hasil “t” hitung (4,85) lebih besar dari”t” table (2,01) pada taraf signifikansi 5% dan (2,67) pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil ini maka hipotetsis alternative (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka dari hasil diatas, peneliti mengambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan penerapan strategi kooperatif tipe Grup Investigasi pada pembelajaran qiroah “Efektif”
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38909
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Siti Nurfaisa Rachmianti-FITK7.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.