Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38282
Title: Strategi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia Pada Kelembagaan Pondok Pesantren Di Wilayah Jakarta Selatan
Other Titles: --
Authors: Deba Hibatullah Sidiq
Advisors: Muammar Aditya
Keywords: pihak pesantren;orang tua/wali santri
Issue Date: Sep-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Deba Hibatullah Sidiq, 1113053000073, Strategi Pemasaran Bank Muamalat Indonesia Pada Kelembagan Pondok Pesantren di Wilayah Jakarta Selatan, Dosen Pembimbing Muammar Aditya, S.E, M.Ak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pemecahan masalah dalam strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia pada kelembagaan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan. Dengan perumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia pada kelembagaan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan. (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh Bank Muamalat Indonesia dalam melaksanakan strategi pemasarannya pada kelembagan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan. (3) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia dalam menghadapi kendala-kendala pelaksanaan strategi pemasarannya pada kelembagaan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka kepada Muamalat Institute dalam rangka mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia pada kelembagaan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dan prosedur penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia pada kelembagaan Pondok Pesantren di wilayah Jakarta Selatan khususnya Pondok Pesantren Darunnajah, terangkum dalam marketing mix yang meliputi: melakukan pendekatan human customer centric sebagai strategi dalam mengembangkan produk dan layanan maupun pemasarannya, penetapan nisbah bagi hasil yang saling menguntungkan yang telah ditentukan oleh kantor pusat, proses distribusi melalui sosialisasi terhadap semua Pondok Pesantren, melakukan promosi yang berawal dengan memberikan pembiayaan, proses awal dalam menerapkan strategi pemasarannya dengan memiliki database yang berasal dari guru-guru Pondok Pesantren tersebut, selalu berupaya untuk memenuhi kesejahteraan karyawannya, keadaan fisik berupa kantor yang bersih, lay out yang bagus, dan memliki warna yang khas pada pakaian yang digunakan para stafnya. Adanya kendala dalam penerapan strategi pemasarannya disebabkan masih banyaknya yang mempertanyakan kesyariahan Bank Mumalat, tidak sedikit yang masih mempertanyakan kemudahan dalam bertransaksinya, dan para orang tua/wali santri yang berada di berbagai penjuru Indonesia. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala pelaksanaan strategi pemasarannya dengan Bank Muamalat meningkatkan lagi kemampuan sistemnya, membuat banyak jaringan lagi, dan dengan dana-dana dari pihak pesantren yang terkumpul dalam satu wadah yaitu di Bank Muamalat.
Description: ix, 102 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38282
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DEBA HIBATULLAH SIDIQ-FDK.pdf2.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.