Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38273
Title: MANAJEMEN LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU (Studi Kasus: Manajemen Lesson Study pada Guru Mata Pelajaran IPA di SMPN 8 Bogor)
Authors: RrIKI Wirahmawan
Advisors: Yanti Herlanti
Keywords: Manajemen, Lesson Study, Profesionalitas Guru.
Issue Date: 9-Feb-2018
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan manajemen lesson study sebagai upaya peningkatan profesionalitas guru IPA di SMPN 8 Bogor yang meliputi perencanaan kegiatan lesson study, pelaksanaan kegiatan lesson study, evaluasi kegiatan lesson study, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan lesson study dan deskripsi manajemen lesson study di SMPN 8 Bogor. Perencanaan penyelenggaraan Lesson study di SMP Negeri 8 Bogor tidak lepas dari bimbingan Universitas Pakuan (UNPAK) yang menjadikan SMPN 8 Bogor sebagai sekolah piloting penyelenggaraan lesson study di Kota Bogor. Tahap pelaksanaan terdiri dari perencanaan open lesson, implementasi RPP dan refleksi pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan meliputi tujuan evaluasi, cara yang dilakukan dalam evaluasi, sasaran evaluasi dan hasil valuasi. Faktor pendukung kegiatan lesson study di SMPN 8 Bogor meliputi: Ditetapkannya lesson study sebagai program sekolah, komitmen kepala sekolah, komitmen semua komponen sekolah, antusiasme guru dalam mengikuti pelatihan dan adanya program penilaian kerja guru. Faktor penghambat kegiatan lesson study di SMPN 8 Bogor adalah pengaturan jadwal mengajar dan banyaknya program pemerintah yang menyebabkan guru berasumsi memberatkan. Deskripsi manajemen lesson Study dimuat dalam planning, organizing, actuating dan controlling lesson study di SMPN 8 Bogor.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38273
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File SizeFormat 
Riki Wirahmawan-FITK6.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.