Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38236
Title: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Musyawarah Oleh Lembaga Bina Desa Di Sauyunan Petani Perempuan Binangkit Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
Other Titles: --
Authors: Erik Paturohman
Advisors: Tantan Hermansah
Keywords: Partispasi;Pendidikan Musyawarah;Pemberdayaan;PRA
Issue Date: Jun-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: ABSTRAK Erik Paturohman (1112054100023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Musyawarah Oleh Lembaga Bina Desa di Desa Gandasari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Pemberdayaan masyarakat mengandung arti mengembangkan kondisi dan situasi sedemikian rupa sehingga masyarakat memiliki daya dan kesempatan untuk mengembangkan kehidupannya. Pemberdayaan yang terjadi di lapangan audah sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh masyarakat yang secara keseluruhan telah berpartisipasi dalam mengembangkan kehidupannya menjadi lebih baik melalui pendidikan musyawarah yang difasilitasi oleh lembaga Bina Desa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana proses pendidikan musyawarah yang dilakukan oleh Bina Desa dan apa manfaat yang diterima oleh masyarakat Desa Gandasari yang menjadi anggota musyawarah Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian ini, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai tekhnik untuk mendapatkan hasil dan menganilisis hasil penelitian di lapangan. Peneliti terlibat langsung dalam kegiatan pendidikan musyawarah di Desa Gandasari. Penelitian ini menggunakan lima orang informan utama dan lima orang informan pendukung. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik pengumpulan data primer dan data sekunder, dan tekhnik analisa data dilakukan dengan analisa data kualitatif purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat Desa Gandasari melalui pendidikan musyawarah memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya anggota sauyunan yang mengikuti kegiatan pemberdayaan oleh lembaga Bina Desa. Adapun manfaat yang telah diterima oleh anggota pendidikan musyawarah secara sosial, ekonomi, dan budaya; anggota musyawarah lebih aktif dan terlibat langsung dalam setiap keputusan maupun aksi sosial yang dirancang dalam pendidikan musyawarah; anggota musyawarah mengalami peningkatan modal karena secara bertahap mampu membuat pupuk sendiri; anggota musyawarah mampu berpikir terbuka dalam lingkungan sosialnya. Diharapkan apa yang telah dicapai oleh Lembaga Bina Desa dan Anggota Musyawarah bisa terus ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan bersama. Pelatihan, pendidikan, dan seminara ataupun diskusi frekuensinya lebih ditingkatkan supaya pengetahuan yang didapat oleh masyarakat terus bertambah sehingga bisa mencapai tujuan yang diharapakan oleh peserta musyawarah. Kata kunci: Pendidikan Musyawarah, Partispasi, Pemberdayaan, PRA
Description: v, 158 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38236
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ERIK PATUROHMAN-FDK.pdf5.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.