Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38186
Title: Evaluasi kualitas layanan Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan metode Libqual+™
Authors: Gadis Shella Mutia
Advisors: Fadhilatul Hamdani
Keywords: evaluasi;kualitas layanan;metode libqual+™;perpustakaan umum;Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
Issue Date: 24-Jan-2018
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan metode Libqual+™ yang terdiri dari tiga dimensi yaitu ditinjau dari kinerja pustakawan dalam pelayanan (Affect of Service), kualitas informasi dan akses informasi (information Control), dan sarana perpustakaan (Library as Place). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan kuesioner. Sampel pada penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta pada bulan Agustus 2017 sebanyak 152 orang yang dibatasi menggunakan rumus Slovin yaitu 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta secara umum telah dinilai cukup baik oleh pemustaka. Hal tersebut dapat diasumsikan atas hasil analisis kesenjangan antara harapan dan persepsi pemustaka, ditinjau dari dimensi kinerja pustakawan dalam pelayanan ( Affect of Service) memperoleh nilai Adequancy Gap (AG) positif 0,52 dan nilai Superiority Gap (SG) negatif -1,79. Kemudian pada dimensi kualitas informasi dan akses informasi (Information Control) memperoleh nilai Adequancy Gap (AG) positif 0,73 dan nilai Superiority Gap (SG) negatif -1,86. Dan pada dimensi sarana perpustakaan (Library as Place) memperoleh nilai Adequancy Gap (AG) positif 1,16 dan nilai Superiority Gap (SG) negatif -1,51. Dengan demikian, layanan yang diterima oleh pemustaka Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta secara keseluruhan telah memenuhi harapan minimum (minimum) yang dapat diterima, namun belum memenuhi harapan ideal (desired) yang diinginkan oleh pemustaka. Kata kunci: evaluasi, kualitas layanan, metode Libqual+™, perpustakaan umum, Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38186
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
GADIS SHELLA MUTIA-FAH.pdf8.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.