Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37996
Title: Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Authors: Elke Annisa Octaria
Advisors: Tita Khalis Maryati
Maifalinda Fatra
Keywords: Model POGIL;Berpikir Kritis Matematis;Kuasi Eksperimen
Issue Date: 15-Jan-2018
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK ELKE ANNISA OCTARIA (1113017000020). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Desember 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 87 Jakarta tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah 71 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelompok eksperimen (POGIL) dan 35 siswa kelompok kontrol (ekspositori) yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas VIII dengan pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain posttest only control design. Indikator kemampuan berpikir kritis matematis yang diukur dalam penelitian ini, yaitu focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model POGIL lebih tinggi daripada siswa yang mengggunakan model konvensional. Kata kunci: Model POGIL, Berpikir Kritis Matematis, Kuasi Eksperimen
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37996
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ELKE ANNISA OCTARIA - FITK.pdf4.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.