Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37821
Title: Pengaruh Modul Pembelajaran Fisika Bernuansa Nilai Religius Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Pada Konsep Hukum Newton Tentang Gravitasi
Authors: Haifa Nadwatul Umah Nidaturramdani
Advisors: Fathiah Alatas
Devi Solehat
Keywords: Modul Pembelajaran Fisika;Nilai Religius;Hasil Belajar;Hukum Newton Tentang Gravitasi
Issue Date: 27-Dec-2017
Publisher: Jakarta: FITK UIN Jakarta
Abstract: Pengaruh Modul Pembelajaran Fisika Bernuansa Nilai Religius Terhadap Hasil Belajara Siswa Madrasah Aliyah Pada Konsep Hukum Newton Tentang Gravitasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran Fisika bernuansa nilai religius terhadap hasil belajar fisika siswa Madrasah Aliyah pada materi hukum Newton tentang Gravitasi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Hikmah Cirebon pada bulan November sampai Desember 2017. Dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X-2, sedangkan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X-1 MA Al-Hikmah Cirebon. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purpossive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda dan nontes berupa angket respon siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa presentase yang kemudian di konversi menjadi data kualitatif. Kesimpulan penelitian : Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh modul pembelajaran Fisika bernuansa nilai religius terhadap hasil belajar fisika siswa Madrasah Aliyah pada konsep hukum Newton tentang Gravitasi. Nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (0,05). Rata-rata skor hasil belajar siswa kelas eksperimen (17) lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor hasil belajar siswa kelas kontrol (15). Pembelajaran menggunakan modul pembelajaran fisika bernuansa nilai religius unggul pada jenjang C1 (mengingat) (69%), C2 (memahami) (76%), C3 (menerapkan) (70%). Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan modul pembelajaran fisika bernuansa nilai religius 81% dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran sebesar 86% dalam kategori baik sekali. Kata Kunci:Modul Pembelajaran Fisika, Nilai Religius, Hasil Belajar, Angket, Lembar Observasi, Hukum Newton Tentang Gravitasi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37821
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
HAIFA NADW-FITK35.53 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.