Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3759
Title: Analisis kemampuan laba dan arus kas dalam memprediksi kas masa depan: studi empiris pada Perusahaan Aneka Industri dan Industri Dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Authors: Rif'An Qodrie
Advisors: Afif Sulfa
Amilin
Keywords: Laba, arus kas operasi tahun berjalan, arus kas operasi masa depan, perusahaan yang melaporkan laba positif, perusahaan yang melaporkan laba negatif.
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2010
Series/Report no.: 0111-05-8459;1458 AKT e
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah laba atau arus kas operasi yang mempunyai kemampuan lebih baik untuk memprediksi arus kas operasi masa depan antara perusahaan yang melaporkan laba positif dan perusahaan yang melaporkan laba negatif. Hipotesis yang pertama adalah prediktor laba lebih baik daripada prediktor arus kas operasi untuk memprediksi arus kas operasi masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba positif. Kedua, prediktor laba lebih baik daripada prediktor arus kas operasi untuk memprediksi arus kas operasi masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba negatif. Ketiga, Laba dan arus kas operasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap arus kas operasi masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba positif. Terakhir, laba dan arus kas operasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap arus kas operasi masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba negatif. Ada 36 laporan keuangan untuk perusahaan yang melaporkan laba positif dan 48 laporan keuangan untuk perusahaan yang melaporkan laba negatif periode 2004-2007 yang dimasukkan sebagai sampel. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini: regresi linier berganda, T-test dan F-test yang diuji pada tingkat signifikasi 5%. Hasil uji statistik menunjukkan prediktor laba tidak berpengaruh secara signifikan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan dimana arus kas operasi tahun berjalan masih mempunyai kemampuan yang lebih baik untuk memprediksi arus kas operasi masa depan untuk perusahaan yang melaporkan laba positif. Untuk perusahaan yang melaporkan laba negatif, laba dan arus kas operasi tidak berpengaruh secara signifikan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan dimana laba dan arus kas operasi tidak mempunyai kemampuan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan. Hasil penelitian F-test juga menunjukkan pengaruh yang signifikan untuk perusahaan yang melaporkan laba positif, artinya kedua prediktor, laba dan arus kas operasi dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan. Untuk perusahaan yang melaporkan laba negatif, laba dan arus kas operasi tidak dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan.
Description: xvi, 86 hal.; 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3759
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
RIF'AN QODRIE-FEB.pdf748.36 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.