Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37488
Title: Pengaruh model Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan berpikir reflektif
Authors: Indriany Zuningsih
Advisors: Tita Khalis Maryati
Otong Suhyanto
Keywords: connected mathematics project;kemampuan berpikir reflektif
Issue Date: 1-Nov-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran CMP terhadap kemampuan berpikir reflektif siswa. Model pembelajaran CMP adalah model pembelajaran yang menitik beratkan pembelajaran pada tugas-tugas agar siswa aktif dan berdiskusi. Penelitian ini dilakukan di MTs Khazanah Kebajikan Ciputat Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Randomized Subject Posttest Only, yang melibatkan 71 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir reflektif berbentuk uraian. Adapun kemampuan berpikir rekflektif memuat enam indikator yaitu mendeskripsikan masalah, mengevaluasi, mengidentifikasi masalah, membuat kesimpulan, memprediksi penyelesaian, menginterpretasi masalah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran CMP lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kemampuan berpikir reflektif siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CMP berpengaruh terhadap kemampuan berpikir refleftif siswa. Kata kunci : Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Berpikir Reflektif
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37488
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
INDRIANY ZUNINGSIH-FITK.pdf28.56 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.