Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3724
Title: Penerapan kurikulum program akselerasi di SMP 3 Tangerang Selatan
Authors: Rudi Purwanto
Advisors: Mujahid
Keywords: KURIKULUM, AKSELERASI,UNDER ACHIEVER
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, 2010
Series/Report no.: 0110-09-6630;6306 KI t
Abstract: Akselerasi merupakan suatu proses percepatan pembelajaran yang di lakukan oleh peserta didik yang memiliki kemampuan luar biasa (unggul) dalam rangka mendapat target kurikulum nasional dengan mempertahankan mutu pendidikan sehingga mencapai hasil yang optimal. Dengan kata lain peserta didik dapat menyelesaikan proses belajarnya lebih cepat dari siswa siswa yang mengikuti program reguler (Sekolah Dasar 6 tahun, SLTP 3 tahun dan SMU 3 tahun). Program yang diperuntukan bagi siswa berbakat tersebut memerlukan perhatian khusus, supaya peserta didik tidak berprestasi di bawah potensinya (under achiever). Kurikulum dibuat secara khusus dan disesuaikan dengan kemampuan siswa, sehingga kemampuan yang di miliki oleh siswa berbakat dapat berkembang dengan semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum program akselerasi di SMPN 3 Tangerang Selatan, mulai dari penetapan tujuan, pemberian materi/pengalaman belajar, pemilihan strategi/organisasi, hingga evaluasi kurikulum program akselerasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di peroleh dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator program, sekretaris program akselerasi yaitu, guru yang mengajar di kelas akselerasi, Kabag TU, dan dari hasil observasi peneliti di lapangan. Dari penelitian yang berfokus pada penerapan kurikulum program akselerasi ditemukan bahwa: (1). Tujuan penyelenggaraan program akselerasi adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi anak berbakat atau anak yang mempunyai kemampuan dan kecerdasan di atas rata-rata, guna memenuhi kebutuhan pendidikannya dengan memberikan kesempatan menyelesaikan pendidikan lebih cepat; (2). Materi yang di gunakan di ambil dari rumusan materi diknas; (3). Penyampaian materi disesuaikan dengan kemampuan siswa; (4). Penyeleksian rekruitmen siswa dilakukan secara khusus dan ketat dengan menggunakan berbagai metode (metode tes dan non tes); (5). Pemilihan guru didasarkan pada pertimbangan segi profesionalitas, sikap, dan kepribadian; (6). Kesatuan waktu persemester di kelas akselerasi hanya 4 bulan; (7). Proses Belajar Mengajar (PBM) menggunakan metode variatif, tepat sesuai dengan siswa yang diajar; (8). Evaluasi setiap mata pelajaran dibuat oleh guru bidang studi masing-masing dan hasilnya langsung diberitahukan kepada siswa atau diberikan kepada wali kelas. Akhirnya penulis berharap, semoga dengan adanya penelitian semacam ini pengembangan kurikulum program akselerasi dan pengembangan pendidikan program akselerasi ke depan akan menjadi lebih baik.
Description: i: 66 hal.; 24 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3724
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RUDI PURWANTO-FITK.pdf1.19 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.