Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37120
Title: Strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah warung mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat
Other Titles: --
Authors: Winarni
Advisors: Lili Bariadi
Keywords: Strategi, Pembiayaan Bermasalah,;warung mikro, faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah;strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah;Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat.
Issue Date: 2-Oct-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat memiliki unit Warung Mikro berbasis syariah. Warung Mikro ini memiliki beberapa produk untuk pembiayaan modal usaha dan multiguna, target customer Warung Mikro yaitu untuk golbertap dan non golbertap, sedangkan target marketnya untuk wirausaha mikro yaitu wirausaha pada sektor unggulan seperti Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Pembiayaan adalah pendanaan yang diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lain untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun lembaga. Sebagian besar penghasilan bank syariah didapatkan dari kegiatan usaha berupa pembiayaan. Dalam kegiatan operasional Warung Mikro Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat tidak luput dari pembiayaan bermasalah, oleh karena itu strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah harus ditingkatkan agar pembiayaan bermasalah Warung Mikro yang ada pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab adanya pembiayaan bermasalah Warung Mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat dan untuk mengetahui juga strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah Warung Mikro yang dilakukan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskritif. Penulis melakukan wawancara kepada pegawai Bank Syariah Mandiri KC Tangerang Ciputat unit kerja Warung Mikro untuk mendapatkan data jumlah pembiayaan yang disalurkan, jumlah pembiayaan bermasalah, faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah, dan strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KC Tangerang Ciputat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah Warung Mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat adalah Usaha nasabah menurun bahkan Bangkrut, PHK, Nasabah menghilang/Skip, Masalah pribadi, Marah/Tidak Kooperatif, Meninggal. Adapun strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah Warung Mikro yang dilakukan Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat adalah Reguler Collection, Restrukturisasi pada strategi ini pihak Bank Syariah Mandiri KC Tangerang Ciputat lebih sering menggunakan Rescheduling (Penjadwalan kembali). Kata Kunci: Strategi, Pembiayaan Bermasalah, Warung Mikro, Faktor Penyebab Terjadinya Pembiayaan Bermasalah, Strategi Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah, Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tangerang Ciputat.
Description: x, 117 hal.,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37120
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WINARNI-FDK.pdf4.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.