Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37091
Title: Evaluasi terhadap program layanan menuju mandiri pada lembaga amil zakat nasional (Laznas) Al-Azhar peduli ummat
Other Titles: --
Authors: Yulia Damini
Advisors: Study Rizal
Keywords: Evaluasi;Program Layanan Menuju Mandiri;hambatan internal
Issue Date: 19-Jul-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Mengentaskan kemiskinan bukanlah suatu yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi tidak mustahil untuk mengurangi angka kemiskinan yang terlanjur tinggi hingga mencapai zona merah. Penanganan efektif yang bisa dilakukan salah satunya dengan meningkatkan animo masyarakat muslim khusunya melalui dana Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf. Salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan Lembaga Amil Zakat Nasional Al-Azhar Peduli Ummat adanya program layanan menuju mandiri diperuntukkan bagi kaum dhuafa yang memberikan manfaat dengan menyelamatkan kebutuhan dasarnya disektor pendidikan, kesehatan, keagamaan dan kesejahteraan untuk asnaf (fakir, miskin, ghorimin, muallaf, ibnu sabil, fisabilillah). Tujuan penelitian ini untuk menilai bagaimana program tersebut berjalan mulai dari inputnya, process, serta output yang dikeluarkan setelah program ini berjalan. Penelitian ini menggunaka metode kualitatif-deskriptif, yang menggambarkan secara sistematis mengenai apa yang terjadi di lapangan dan kemudian dianalisis kembali untuk mendapatkan hasil berdasarkan tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan di LAZNAS AL-Azhar Peduli Ummat, tepatnya di Rumah Gemilang Indonesia (RGI) di Jl. Pengasinan Rt. 01/06, Kp. Kebon Kopi, Kel. Pengasinan Kec. Sawangan, Kota Depok. Hasil dari penelitian ini terdapat kesesuaian yaitu keuangan program, proses pelaksanaan program dan keberlangsungan program dari layanan menuju mandiri dan ketidaksesuaian yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana antara indikator evaluasi dengan kenyataan yag terjadi dilapangan, yang rata-rata dilatarbelakangi adanya hambatan dari pihak internal, walaupun demikian dukungan dari internal dan eksternal inilah yang mampu mengurangi hambatanhambatan tersebut. Kata kunci : Evaluasi, Program Layanan Menuju Mandiri, hambatan internal
Description: x, 81 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37091
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
YULIA DAMINI-FDK.pdf9.9 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.