Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36934
Title: Pemberdayaan sosial remaja du'afa dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Rumah Gemilang Indoiesta Sawangan Depok
Other Titles: --
Authors: M. Imamudin Arya
Advisors: Tantan Hermansah
Keywords: Pemberdayaan, RGI, Remaja Dhu'afa, dunia kerja
Issue Date: Jun-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 2017
Series/Report no.: --;--
Abstract: Kesejahteraan merupakan impian bagi setiap orang. Namun demikian masih banya kaum dhu’afa yang terindikasi masih jauh dari kemakmuran, di antaranya kelompok remaja. Sehingga perlu adanya peningkatan kapasitas kelompok remaja dhu’afa ini. Namun pelaksanaannya perlu dukungan dari berbagi pihak. Termasuk lembaga sosial agar dalam meningkatkan kualitas remaja dhu’afa. Salah satu lembaga yang melakukan ini adalah Rumah Gemilang Indonesia (RGI). RGI berperan aktif dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia remaja dhu’afa dengan berbagai program. Studi tentang “Pemberdayaan Sosial Remaja Dhua’fa Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Rumah Gemilang Indonesia” merupakan upaya untuk membuktikan RGI dalam pemberdayaan masyarakat. Adapun alasan studi ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan remaja dhu’afa oleh RGI. Rumusan pertanyaan penelitiannya adalah: “bagaimana proses pelaksanaan program pelaksanaan sosial yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan?” Dan “apakah hasil dan program di RGI?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun observer menghimpun dalam kegiatan yang berada dilapangan dan melalui juga pengamatan sekitar pada kegiatan program pemberdayaan yang berlangsung di Rumah Gemilang Indonesia. Teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teori Hulme dan Tuner (Isbandi Rukminto,2002) sebagai pendorong pemberdayaan. Sedangkan menurut Ife (Isbandi Rukminto,2002), manusia memiliki sifat kekuasaan dan kelompok lemah yang merupakan pilihan hidup mereka. Dari hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan program pemberdayaan remaja dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di RGI dilakukan melalui beberapa tahap yang meliputi tahap persiapan, tahap assessment, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap terminasi. Program pemberdayaan ini yang bertujuan meningkatkan kualitas remaja dhu’afa dan berbagai bentuk kegiatan yakni memberikan keterampilan dalam berbagai bentuk pelatihan seperti menjahit, tata busana, teknik komputer informatika, fotografi, videografi, desain grafis, dan animasi yang dikhususkan kepada remaja dhu’afa yang berasal dari latar belakan keluarga yang tidak mampu. Sedangkan hasil pemberdayaan memberikan keterampilan berbagai bidang seperti yang dipaparkan diatas sehingga peserta mempunyai keahlian yang mereka cita-citakan. Siswa-siswi RGI dibekali pelatihan-pelatihan untuk siap masuk dunia kerja. Kata kunci : Pemberdayaan, RGI, Remaja Dhu’afa, dan Dunia kerja
Description: vi, 82 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36934
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
M.IMAMUDIN ARYA-FDK.pdf792.89 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.