Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36835
Title: Analisis Buku Teks Pelajaran Fisika Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013 dan KTSP Berdasarkan Pendekatan Saintifik
Other Titles: Analysis on Grade XI Senior High School Physics Text Book of Curriculum 2013 and KTSP Based on the Scientific Approach
Authors: Ahmad Rizky Muharam
Advisors: Iwan Permana Suwarna, M.Pd
Keywords: Analisis isi;Buku Teks Pelajaran
Issue Date: 13-Oct-2017
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Penelitian analisis buku teks pelajaran fisika ini dilatarbelakangi oleh belum adanya penelitian yang menganalisis dan membandingkan isi buku teks pelajaran fisika KTSP dan K-13 berdasarkan kemunculan langkah-langkah pendekatan saintifik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi langkah pendekatan saintifik dalam buku teks pelajaran fisika. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui deskripsi keterampilan berpikir tingkat tinggi pada buku. Penelitian dilaksanakan di Kota Bekasi, Indonesia pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis isi (content analysis) yang bersifat komparatif. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran fisika kelas XI yang digunakan oleh 12 SMAN dan satu MAN di Kota Bekasi. Sampel ditentukan secara purposive yakni tiga buah buku K-13 (Buku A, B, dan C) dan tiga buah buku KTSP (Buku D, E, dan F) yang paling banyak digunakan. Bab yang dianalisis adalah bab dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara pada saat pra penelitian, dan pedoman observasi pada saat penelitian. Instrumen angket diberikan kepada: lima orang guru dan 165 siswa. Hasil penelitian menunjukkan buku teks pelajaran fisika KTSP memunculkan langkah-langkah pendekatan saintifik : mengamati 21,9 %; menanya 2,6 %; mencoba 3,5 %; mengasosiasi 9,1 %; dan mengomunikasikan 1,8 %. Sementara buku teks pelajaran fisika K-13 memunculkan langkah mengamati 30 %; menanya 8,1 %; mencoba 7,1 %; mengasosiasi 11,8 %; dan mengomunikasikan 4,1 %. Secara keseluruhan buku teks pelajaran fisika kelas XI KTSP memunculkan pendekatan saintifik 38,86 % dari seluruh total amatan, sementara buku teks pelajaran fisika kelas XI K-13 memunculkan pendekatan saintifik 61,14 %. Keseluruhan buku yang dianalisis hanya mengembangkan keterampilan menganalisis (C-4). Sementara keterampilan mengevaluasi (C-5) dan mencipta (C-6) tidak dikembangkan. Rata-rata nilai koefisien kesepakatan pengamat adalah 0,89 dengan kategori sangat baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36835
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AHMAD RIZKY M-FITK20.99 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.