Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36825
Title: Analisis Pertanyaan pada Buku Teks Kimia SMA Berdasarkan Question Category System for Science (QCSS)
Authors: Widya Mulyana Putri
Advisors: Dedi Irwandi
Dila Fairusi
Keywords: Analisis Pertanyaan;Buku Teks Kimia;Question Category System for Science (QCSS)
Issue Date: 23-Oct-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2018
Abstract: Widya Mulyana Putri (NIM: 1112016200052), “Analisis Pertanyaan pada Buku Teks Kimia SMA Berdasarkan Question Category System for Science (QCSS)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. Buku teks kimia yang digunakan sebagai sumber pembelajaran utama seharusnya berisi pertanyaan yang merangsang keingintahuan dan meningkatkan proses berpikir siswa. Ada berbagai jenis pertanyaan, namun seberapa efektif pertanyaan-pertanyaan tersebut mendukung keberhasilan pembelajaran merupakan hal yang kurang diungkapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertanyaan yang dikembangkan pada buku teks kimia SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengambilan sampel random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 buku kimia dari 12 sekolah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar analisis klasifikasi pertanyaan berdasarkan Question Category System for Science (QCSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan yang dikembangkan pada semua sampel persentase tertinggi diperoleh pada kategori pertanyaan tertutup, yakni sebesar 88,47%. Persentase tersebut terbagi ke dalam dua kategori yaitu 12,87% pertanyaan ingatan kognitif dan 75,60% pertanyaan berpikir konvergen. Sedangkan persentase terendah diperoleh pada kategori pertanyaan terbuka yakni sebesar 11,52%, yang terbagi ke dalam dua kategori yaitu 9,11% pertanyaan berpikir konvergen dan 2,41% pertanyaan berpikir evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku teks kimia di SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan lebih mengembangkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang pikiran siswa dalam memanipulasi fakta dan ide-ide secara logis. Berdasarkan penelitian ini, pengklasifikasian pertanyaan berdasarkan QCSS dapat diaplikasikan oleh guru di sekolah untuk menyempurnakan pertanyaan yang sesuai dengan kurikulum. Kata Kunci: Analisis Pertanyaan, Buku Teks Kimia, Question Category System for science (QCSS).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36825
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
WIDYA MULYANA PUTRI-FITK.pdf4.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.