Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36807
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
Authors: Anisfah Liliyani Sangaji
Advisors: Dr. Siti Suryaningsih, M.Si
Buchori Muslim, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Generatif (generative learning);Kemampuan Komunikasi Verbal Tertulis;Koloid
Issue Date: 23-Oct-2017
Publisher: Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: ABSTRAK Anisfah Liliyani Sangaji, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Tertulis Siswa”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017. Kemampuan komunikasi verbal tertulis siswa pada materi koloid masih rendah disebabkan oleh model pembelajaran di kelas yang masih monoton sehingga kurang melatih kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan komunikasi verbal tertulis siswa pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 36 siswa. Perolehan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes (soal essay). Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran generatif dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes uraian sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan data menggunakan uji-t diperoleh data thitung > ttabel atau 16,55 > 1,228 pada taraf signifikan 5% nilai thitung terletak pada daerah tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap komunikasi verbal tertulis siswa. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dan kemampuan komunikasi verbal tertulis siswa. Kata Kunci:
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36807
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANISFAH LILIYANI-FITK24.3 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.