Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36124
Title: Analisis Keterampilan Generik Sains Siswa pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Authors: Aini Nadhokhotani Herpi
Advisors: Tonih Feronika
Dedi Irwandi
Issue Date: 6-Oct-2017
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan generik sains yang dimiliki siswa dan mengetahui perbedaan keterampilan generik sains yang dimiliki oleh siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di kelas XI IPA 3. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari 6 tahapan yaitu orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan mengajukan kesimpulan. Instrumen utama yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes essay dibantu dengan LKS dan lembar observasi. Hasil dari analisis data tes essay menunjukkan bahwa secara umum pencapaian keterampilan generik sains siswa termasuk kedalam kategori tinggi. Indikator keterampilan generik sains siswa yang paling dominan pada kelompok tinggi adalah logical frame yang termasuk kedalam kategori tinggi, pada kelompok sedang dan kelompok rendah adalah pengamatan langsung yang termasuk kedalam kategori sedang.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36124
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
AINI NADHOKHOTANI HERPI - FITK.pdf18.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.