Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3597
Title: Pengaruh konsep diri dan atraksi interpersonal terhadap kemampuan komunikasi interpesonal siswa SMK Bekasi
Authors: Nurbaiti, Siti
Advisors: Solicha
Dewi, Sari Mulia
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Fakultas Psikologi
Series/Report no.: 0111-04-7552;1033 PSI p
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan atraksi interpersonal terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMK Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Insan Kamil Bekasi, menggunakan 2 kelas dari 31 kelas dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 100 sampel dari 1.402 populasi, dengan teknik pengambilan sampel probability sampling jenis cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode statistik dengan teknik multiple regresi, dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri dan atraksi interpersonal terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMK Bekasi. Berdasarkan hasil olah data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS for window’s versi 15.0 menunjukkan bahwa variabel konsep diri tidak mempengaruhi kemampuan komunikasi interpersonal siswa secara signifikan dengan signifikan f change sebesar 0,071 > 0,05. Variabel atraksi interpersonal mempengaruhi kemampuan komunikasi interpersonal siswa secara signifikan, dengan signifikan f change sebesar 0,044 < 0,05. Variabel konsep diri dan atraksi interpersonal secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan komunikasi interpersonal siswa secara signifikan, dengan signifikan f change sebesar 0.011 < 0,05. Dengan rincian, konsep diri memberikan sumbangan sebesar 7,0%, atraksi interpersonal memberikan sumbangan sebesar 8,0%, serta konsep diri dan atraksi interpersonal secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 8,9% pada perubahan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMK Bina Insan Kamil Bekasi. Secara keseluruhan penelitian ini masih terdapat keterbatasan, diantaranya; Dengan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, di mana dari keseluruhan populasi yang berjumlah 31 kelas, dalam penelitian ini hanya 2 kelas yang dijadikan sampel. Sehingga sampel menjadi kurang mewakili keseluruhan populasi penelitian dan sampel juga menjadi kurang representatif. vi Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan teknik sampling probability sampling jenis stratified random sampling, yaitu mengambil beberapa sampel dari setiap kelas untuk menjadi perwakilan dalam penelitian. Hal ini dimaksudkan agar sampel dari keseluruhan populasi dapat terwakili, dan bisa mendapatkan sampel yang lebih representatif
Description: xiii, 90 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3597
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.