Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35842
Title: PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK 3D PADA KONSEP GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA UNTUK SISWA SMA
Authors: TRI NOVA ARSHELIA
Advisors: Iwan Permana Suwarna, M.Pd
Keywords: modul elektronik, 3D Pageflip Professional, development research, layak, efektif, dan praktis
Issue Date: 14-Sep-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian modul elektronik 3D ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya kekurangan pada modul-modul elektronik sebelumnya. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang masih memiliki kekurangan. Modul elektronik 3D yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki tampilan 3D, tayangan slide, galeri foto berupa bola 3D, dan video 3D. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berupa modul elektronik 3D pada konsep gelombang bunyi dan cahaya yang layak, efektif dan praktis digunakan. Modul elektronik dikembangkan dengan menggunakan software 3D Pageflip Professional 1.7.7 yang dapat digunakan dengan menggunakan perangkat komputer (PC). Metode penelitian yang digunakan adalah development research. Tahap penelitian mengikuti Jan Van Den Akker: penelitian pendahuluan, tahap prototipe, evaluasi sumatif, serta refleksi sistematik dan dokumentasi. Evaluasi formatif mengikuti Martin Tessmer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII yang diambil dari tiga sekolah di wilayah Jakarta Selatan. Sampel diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes (tes kognitif) yang telah divalidasi dan Ujian Nasional dan non tes (angket dan wawancara). Instrumen tes diberikan kepada 54 siswa dan angket penilaian diberikan kepada: 15 ahli (media, desain pembelajaran dan materi), 57 siswa (evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, uji lapangan dan evaluasi sumatif) dan tiga orang guru. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik yang dihasilkan dinyatakan layak dan efektif dalam membantu proses pembelajaran (75%) siswa mendapatkan nilai di atas KKM dan rerata-rerata N-Gain sebesar 0,70 (sedang). Modul juga dinyatakan sangat praktis (85,1%) untuk digunakan guru dan siswa di dalam maupun di luar kelas.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35842
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
NOVA-FITK20.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.