Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35837
Title: Analisis Efektifitas Pelaksanaan Metode“Concept Map” Pada Matrikulasi Calon Mahasiswa Baru
Authors: Endah Wulandari
Rr Ayu Fitri Hapsari
Devy Ariany
Keywords: teacher-centered, Student centered, concept map, matrikulasi
Issue Date: 2013
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017
Abstract: Pendahuluan : Matrikulasi adalah salah satu bentuk penyetaraan pendidikan yang disyaratkan oleh suatu institusi, guna minimal menguasai materi yang disyaratkan. Bila dikembangkan panduan matrikulasi dengan baik, sesuai sasaran pembelajaran yang diharapkan maka proses pembelajaran pun akan berjalan dengan baik juga, matrikulasi dapat terlaksana sesuai target dan calon mahasiswa dapat mencapai kompetensi yang diinginkan. Saat ini mayoritas SMU dan MA di Indonesia menggunakan sistem model konvensional atau model pedagogi (teacher-centered dan subject-based). Kelemahan dari model ini adalah siswa tidak memiliki persiapan maksimal, tidak memiliki inisiatif guna pengembangan ilmu, tidak ada keinginan untuk mengetahui (exam) dan belajar tergantung ilmu yang diberikan guru (depends on teacher). Penggunaan model Student centered menggunakan concept map, sebagai salah satu metode pembelajaran yang berimplementasi kurikulum berbasis kompetensi. Tujuan : Pengembangan panduan matrikulasi dengan metode Student centered menggunakan peta konsep secara lebih terstruktur, terarah sehingga dapat memenuhi sasaran pembelajaran dan kompetensi yang diinginkan. Metode : Sosialisasi pelaksanaan matrikulasi dengan metoda Consept map kepada staf pengajar, peserta dan penyelenggara kegiatan matrikulasi. Analisis Evaluasi nilai peserta matrikulasi Consept map, dengan membandingkan pelaksanaan matrikulasi T.A. 2011 dan 2012. Hasil : Dosen yang melaksanaan perkuliahan dengan menggunakan active learning 2011 (25%) dan 2012 (100%); Dosen yang melaksanaan perkuliahan dengan menggunakan concept map 2011 (25%) dan 2012 (80%). Peserta menyatakan “senang” dengan concept map pada materi Biologi (92%), Kimia (97%), Fisika (97%) dan Matematika (96%). Nilai akhir rata-rata setiap peserta matrikulasi di atas nilai 60 ada 100%. Kesimpulan : Panduan pengajaran matrikulasi dengan metode consept map dapat diterapkan dengan memperhatikan konsistensitas dari staf pengajar, memberi kesempatan dan kepercayaan pada peserta didik untuk belajar mandiri serta mampu mengembangkan diri dan bahan ajar sebaiknya dilengkapi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35837
Appears in Collections:Buku Saduran



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.