Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35823
Title: Pengaruh pembelajaran kelompok berbantu media Clue Card terhadap retensi siswa pada konsep fungsi
Authors: Yogie Wibisono
Advisors: Baiq Hana Susanti
Yuke Mardiati
Issue Date: 22-Jun-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kelompok berbantu media clue card terhadap retensi siswa pada konsep fungi di SMAN 87 Jakarta. Media clue card yang digunakan dalam penelitian ini berupa media kartu permainan yang terdiri atas kartu pertanyaan clue dan kartu pembahasan, ditujukan sebagai penambahan variasi media pembelajaran di kelas yang dapat memudahkan siswa dalam hal mengingat istilah-istilah, nama ilmiah, dan kosakata terkait konsep fungi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan daya ingat yang berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 butir. Hasil analisis data retest II menggunakan uji-t pada kedua kelompok tersebut diperoleh nilai thitung sebesar 3.88, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5 % dengan derajat kebebasan (dk) 67 yaitu sebesar 1.99 maka thitung lebih besar dari ttabel yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran kelompok berbantu media clue card terhadap retensi siswa pada konsep fungi di SMAN 87 Jakarta. Kata Kunci: Media Clue Card, Retensi Siswa, Konsep Fungi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35823
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
YOGIE WIBISONO-FITK14.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.