Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35554
Title: Analisa Srategi Bisnis Penerbitan Buku Referensi Islam Di Indonesia (Studi Kasus Penerbit Almahira)
Authors: Nuryudi
Keywords: Penerbitan Islam
Issue Date: 15-Nov-2014
Publisher: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Ilmu Perpustakaan
Abstract: Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini berusaha mengungkap fenomena faktual berkaitan dengan strategi bisnis penerbitan buku referensi Islam di Indonesia. Satu direktur penerbit terkait di wilayah Jakarta telah menjadi subjek penelitian khususnya berkenaan dengan dinamika perkembangan bisnis, faktor-faktor dan kebijakan-kebijakan strategis serta bagaimana tantangan yang mereka hadapi. Penelitian menekankan penggunaan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara mendalam yang telah dianalisis secara deskriptif dengan teknik perbandinngan dan trianggulasi. Hasil yang diperoleh adalah bahwa strateginya antara lain penerbit harus kreatif dalam analisis kebutuhan informasi masyarakat, giat melakukan inovasi produk, menerapkan prosedur edit pra-cetak yang sangat ketat, memilih product premium untuk segmen kelas menengah ke atas serta menghadirkan kelengkapan integrasi format dan ketuntasan konsep produk. Terkait dinamika bisnis, diketahui bahwa telah terjadi peningkatan kesadaran masyarakat klas menengah dan telah terjadi peningkatan minat baca dalam kajian ke-Islaman, dan trend penjualan buku referensi Islam tetap stabil dan terus meningkat meskipun mereka dihadapkan pada kompetisi yang ketat dan tantangan perubahan budaya masyarakat tentang penggunaan internet dan buku digital untuk memperoleh informasi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35554
Appears in Collections:Artikel
Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Artikel BRI for publishing.docx46.66 kBMicrosoft Word XMLView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.