Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35506
Title: Pengaruh Model Argument Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik
Other Titles: The Effect of Learning Strategy Argument Driven Inquiry to Students' scientific Literacy Abilities
Authors: Annisaa Meyrizka Kusumo Putri
Advisors: Yanti Herlanti
Yuke Mardiati
Issue Date: 29-Jun-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan literasi sains. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian control pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Depok pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 45 orang peserta didik. Proses pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model Argument Driven Inquiry. Adapun di kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan literasi sains dalam bentuk uraian. Analisis data dari kedua kelompok dilakukan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh yaitu nilai t-hitung sebesar 6,43 dan nilai t-tabel sebesar dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,99. Data menunjukkan t-hitung > t-tabel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Argument Driven Inquiry berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35506
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
ANNISAA MEYRIZKA KUSUMO PUTRI-FITK.pdf53.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.