Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35405
Title: Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Authors: Zulfah Ubaidillah
Advisors: Dr. Abdul Muin, S. Si., M.Pd
Eva Musyrifah, M.Si
Keywords: Model Problem Based Learning
Issue Date: 28-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional serta menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan pasalah matematis antar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two-group Post-Test Only Design. Sampel penelitian diperoleh sebanyak dua kelas dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen (PBL) sebanyak 38 siswa dan kelas kontrol (konvensional) sebanyak 38 siswa. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran kovensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning adalah sebesar 67,67 dan nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah sebesar 56,77. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika pada pokok bahasan Persamaan dan Fungsi Kuadrat dengan menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35405
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Skripsi Zulfah--FITK1.58 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.