Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35404
Title: Pengaruh Media Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Alat Optik
Authors: Denny Rismanto
Advisors: Iwan Permana Suwarna, M.Pd
Keywords: Media Mobile Learning;Hasil Belajar
Issue Date: 15-Jun-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: ABSTRAK DENNY RISMANTO 1112016300045. Pengaruh Media Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Alat Optik.Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah Jakarta, 2017 Permasalahan utama dalam penelitian ini siswa kesulitan dalam bidang sains khususnya pelajaran fisika, dan penggunaan smartphone yang disalahgunakan oleh siswa dapat berdampak buruk terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi latihan alat optik berbasis mobile learning berbantuan android terhadap hasil belajar siswa pada konsep alat optik. Penelitian dilaksanakan di SMK AL-HASRA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling .Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda dan nontes berupa angket. Penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Temuan yang menarik dari penelitian ini, peneliti melakukan uji validitas konstruk dengan content validity index (CVI) untuk menentukan kesesuaian pada instumen tes.Datahasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan ujianalisis statistik non parametrik dengan Mann-Whitney U, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase,kemudiandikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh bahwa >sig.(2-tailed). Artinya, terdapat pengaruh aplikasi latihan aplikasi alat optik terhadap hasil belajar siswa pada konsep alat optik. Selain itu, pembelajaran menggunakan aplikasi berbantuan android lebih tinggi dalam meningkatkan ranah kognitif C1(mengingat), C2(memahami), C3(menerapkan) dan C4(menganalisis). Hasil analisis data nontes menunjukkan respons siswa terhadap aplikasi latihan alat optik secara keseluruhan memperoleh hasil dengan kategori baik. Katakunci:Aplikasi berbantuan android, Hasil Belajar,Mobile learning, Alat optik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35404
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
1112016300045-FITK8.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.