Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35390
Title: Pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III (MI Al-Hidayah Lestari Lebak Bulus Jakarta Selatan)
Authors: Mia Khairunnisa Kurniawati
Advisors: Sita Ratnaningsih
Anis Fuadah Z.
Keywords: model pembelajaran scramble;media video;hasil belajar IPS
Issue Date: 28-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hidayah Lestari tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Nonquivalent Control Group Design. Penarikan jumlah sample dalam penelitin ini menggunakan rumus Slovin, sampel terdiri kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 16 siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan postest yang berupa soal pilihan ganda berjumlah 30 soal. Proses analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 20,0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas III yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media video lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 90,21 > 74,79. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh (effect size) dengan menggunakan rumus perhitungan Cohen’s d, diperoleh nila effect size (d) sebesar 0,79. Nilai effect size yang diperoleh menginterpretasikan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media video memiliki pengaruh dalam kategori sedang. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas III MI Al-Hidayah Lestari Lebak Bulus Jakarta Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Media video, Hasil Belajar IPS
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35390
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
MIA KHAIRUNNISA KURNIAWATI-FITK.pdf16.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.