Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35386
Title: Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa
Authors: Yayang Mahendra Djamin
Advisors: Dr. Lia Kurniawati, M.Pd
Issue Date: 28-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran brainstormingdengan siswa yang diajar menggunakanpembelajaran konvensional dengan metode ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cibungbulang Kabupaten Bogor pada tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan randomized posttest only control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitutes kemampuan berpikir reflektif matematis berupasoal uraian yang diberikan dalam bentuk posttest.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran brainstorming secara keseluruhan lebih tinggi daripada kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ekspositori. Secara spesifik, pembelajarandengan metode pembelajaran brainstorming memberikan hasil yang sangat baik terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa pada indikator mengklarifikasi dibandingkan dengan indikator kemampuan berpikir reflektif matematis lainnya. Kata kunci: Metode Pembelajaran Brainstorming, Berpikir Reflektif Matematis.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35386
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Yayang Mahendra Djamin-FITK16.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.