Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35379
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbasis Mind Map Terhadap Kemampuan Memahami Siswa pada Konsep Teori Kinetik Gas
Authors: Rt Enung Nurhayati
Advisors: Kinkin Suartini, M.Pd
Devi Solehat, M.Pd
Issue Date: 27-Jul-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) berbasis mind map terhadap kemampuan memahami siswa pada konsep teori kinetik gas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pandeglang pada kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali pertemuan dan berlangsung pada bulan Mei 2016. Metode penelitian menggunakan quasi experiment dengan quasi experiment control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal uraian dan instrumen nontes berupa penilaian mind map, penilaian presentasi siswa, dan angket respon siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis mind map berpengaruh terhadap kemampuan memahami siswa.. Berdasarkan hasil uji N-Gain kemampuan memahami pada semua aspek meningkat sebesar 55 % (sedang). Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Mind Map, Kemampuan Memahami.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35379
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Rt Enung Nurhayati-FITK46.67 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.