Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35355
Title: Pengaruh Model Learning Cycle 5E Dipadukan dengan Mind Mapping Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsel Sel
Authors: Ayu Yuniarti Sholehatun Amal
Advisors: Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd
Yuke Mardiati, M.Si
Keywords: Model Learning Cycle 5E
Issue Date: 26-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E dipadukan dengan mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada konsep sel. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2016-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model belajar Learning Cycle 5E dipadukan dengan Mind Mapping dan peserta didik kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model belajar Learning Cycle 5E saja. Perolehan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,84 dan kelas kontrol 60,92. Analisis data posttest kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil t-hitung 7,632 dan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,993, maka t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model lerning cycle 5E dipadukan dengan Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar biologi peserta didik pada konsep sel.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35355
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File SizeFormat 
Ayu Yuniarti Sholehatun Amal-FITK19.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.