Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35353
Title: Evaluasi Program Akselerasi di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan
Authors: Muhammad Miftah Fudin
Advisors: Prof. Dr. H. Husni Rahim
Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd
Keywords: layanan pendidikan;program akselerasi;efektivitas program
Issue Date: 26-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur tingkat efektivitas program akselerasi di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan dalam hal layanan pendidikan untuk peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa agar tidak mengalami underachievement. Pengukuran tingkat efektivitas tersebut merujuk pada data perkembangan program akselerasi, seperti data perkembangan peserta didik, tenaga pengajar, kurikulum yang digunakan proses pembelajaran, sistem evaluasi, bimbingan konseling, dan hasil belajar yang telah dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara, studi dokumen, dan observasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program akselerasi di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan sudah berjalan dengan cukup efektif karena telah dapat memberikan bentuk layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang memiliki bakat dan minat intelektual yang tinggi. Adapun keunggulan dari pelaksanaan program akselerasi di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan terletak pada proses pembelajaran yang mampu menghadirkan iklim akademis yang menantang sekaligus menyenangkan, selain itu penerapan bentuk evaluasi authentic assessment mampu menggambarkan tingkat keberhasilan proses pembelajaran program akselerasi secara utuh.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35353
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Muhammad Miftah Fudin-FITK9.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.