Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35348
Title: Evaluasi program praktik kerja industri pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran di smk sumpah pemuda Jakarta
Authors: Selvi
Advisors: Mu'arif SAM
Jejen Musfah
Issue Date: 19-Jul-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menilai program Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran di SMK Sumpah Pemuda. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model CIPP (Context, Input, Process and Product). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, Observasi, studi dokumen dan angket. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, ketua kompetensi keahlian administrasi perkantoran, guru produktif admnistrasi perkantoran, guru pembimbing sekolah, pembimbing dari industri/perusahaan dan peserta Prakerin Jurusan Administrasi Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Prakerin pada kompetensi keahlian administrasi perkantoran secara keseluruhan belum berjalan secara efektif. Pada dimensi Context, aspek yang belum memenuhi syarat adalah MOU (Naskah Kerjasama) program Prakerin. Pada dimensi Input, aspek yang belum terpenuhi adalah persiapan, pembekalan, peserta Prakerin, sarana dan prasarana Jurusan Administrasi Perkantoran dan biaya.Pada dimensi Process, aspek yang belum berjalan secara optimal adalah pelaksanaan Prakerin, Pengawasan oleh pihak sekolah, kegiatan bimbingan oleh guru pembimbing sekolah. Pada dimensi Product, aspek yang belum optimal adalah penyusunan laporan dan presentasi laporan Prakerin. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disarankan kepada kepala sekolah untuk melengkapi dokumen penting mengenai program Prakerin, melaksanakan program Prakerin minimal 3 bulan, siswa tidak dikenakan biaya Prakerin dan juga perlu mengadakan presentasi bagi siswa setelah penyusunan laporan selesai. Bagi Kepala Prodi kompetensi keahlian administrasi perkantoran, disarankan untuk menambah jumlah fasilitas untuk menunjang kompetensi peserta didik yakni memiliki laboratorium administrasi perkantoran, juga perlu memperbaiki daftar list penempatan, memperbaharui buku panduan program Prakerin, memberikan daftar kompetensi peserta didik kepada pihak dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan pembekalan yang dihadiri oleh pihak DU/DI. Bagi Pembimbing I (Guru) disarankan agar melakukan 3 kunjungan sesuai dengan prosedur sekolah dan dalam melakukan monitoring lebih memperhatikan setiap kegiatan yang dilakukan peserta dan memberikan sanksi kepada siswa yang menyelesaikan laporan melebihi waktu yang telah ditentukan. Bagi pembimbing II (pihak industri) disarankan untuk memberikan pekerjaan dan tugas yang relavan dan yang bersifat teknis dan non teknis serta memperhatikan absensi dan jurnal yang dimiliki siswa. Bagi peserta Prakerin disarankan untuk lebih serius mempelajari bekal-bekal akademik dalam proses belajar di sekolah, berinisiasi untuk melakukan pekerjaan yang diberikan serta melaksanakan Prakerin dengan baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35348
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SELVI-FITK.pdf25.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.