Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35344
Title: Peran mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlak peserta didik di mts khazanah kebajikan Ciputat Tangerang Selatan
Authors: Firman
Advisors: Ghufron Ihsan
Keywords: akidah akhlak, pembentukan akhlak
Issue Date: 26-Jul-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Pendidikan adalah hal yang wajib dimiliki oleh semua manusia, karena pendidikan merupakan alat yang akan membawa manusia menjadi terarah dalam hidupnya. Layaknya suatu bangunan jika tidak ditopang oleh tiang yang kuat maka bangunan itu akan roboh, sama halnya dengan manusia jika tidak memiliki pendidikan maka dia pun akan kehilangan arah dan tujuan hidupnya. dalam sebuah ungkapan mengatakan tuntutlah ilmu dari lahir sampai ke liang lahat, artinya betapa pentingnya memiliki pendidikan sebagai sarana untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Namun tidak cukup hanya memiliki ilmu pengetahuan, tapi yang lebih penting adalah peserta didik harus memiliki perilaku-perilaku yang baik dan terpuji. Dalam skripsi ini penulis mengangkat judul yang berkaitan dengan peran mata pelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlak peserta didik di Mts Khazanah Kebajikan. Alasan penulis mengangkat judul tersebut adalah, melihat realita saat ini maraknya perilaku-perilaku menyimpang yang menimpa peserta didik. contohnya: pergaulan bebas yang terjadi pada peserta didik, minum minuman keras, tawuran dan lain sebagainya. Hal ini tidak dapat dibiarkan terjadi kepada mereka karena peserta didik merupakan agen pembaharu dalam kemajuan bangsa ini, sehingga dibutuhkan peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik. Pendidikan akhlak memang harus ditanamkan sejak dini kepada peserta didik sehingga dalam menjalani kehidupan, mereka mengetahui norma-norma yang telah diajarkan agama Islam dan norma yang telah ditetapkan oleh negara. Ajaran islam sudah memberikan batasan-batasan dalam hal berperilaku maka sewajarnya lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah lebih memaksimalkan mengenai pembinaan perilaku peserta didik. Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara kepada pihak-pihak yang terkait di Mts Khazanah Kebajikan dalam hal ini, kepala sekolah, waka bidang kurikulum, waka bidang kesiswaan, dan guru pendidikan agama Islam, sebagai pelaksana pendidikan di Mts Khazanah Kebajikan agar penulis dapat mengetahui bagaimana peran pendidikan agama Islam dalam membina akhlak/perilaku peserta didik di sekolah tersebut, dengan harapan melalui pendidikan agama Islam peserta didik memiliki perilaku yang sesuai dengan ajaran agama Islam.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35344
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FIRMAN-FITK.pdf8.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.