Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35339
Title: Analisis framing: pemberitaan kontroversi hijab halal zoya studi komparatif pada media detik.com dan Liputan6.com
Other Titles: --
Authors: Dani Perdana Sya’bani
Advisors: Siti Nurbaya
Keywords: framing;zoya;hijab;halal;online
Issue Date: Jan-2017
Publisher: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Series/Report no.: --;
Abstract: Brand busana muslim lokal asal Bandung bernama Zoya merilis koleksi hijabnya yang bersertifikasi halal dari MUI. Terlepas dari maksud dan tujuan Zoya atas sertifikasi hijab halal tersebut, menjadi polemic di masyarakat dan menjadi sorotan bagi insan media termasuk media online. Detik.com dan liputan6.com diantaranya yang turut mengemas berita kontroversi hijab halal tersebut.sudut pandang yang disuguhkan oleh media dapat menunjukan indikasi dalam memicu perhatian masyarakat bahkan dalam hal ideologi pada media tersebut. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian di media detik.com dan liputan6.com. Peneliti merumuskan tiga pertanyaan yakni bagaimana pembingkaian pemberitaan kontroversi jilbab halal sesuai model Robert N Entman pada media Detik.com dan Liputan6.com? Apa alasan media Detik.com dan Liputan6.com membingkai pemberitaan tersebut? Bagaimana kecendrungan keberpihakan Detik.com dan Liputan6.com dalam pemberitaan kontroversi jilbab halal dilihat dari pembingkaian berita yang ditampilkannya? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian studi komparatif dimana penelitian komparatif merupakan penelitian yang bersifat membandingkan. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan dua atau lebih fakta-fakta dan sifat-sifat objek yang diteliti berdasarkan kerangka pemikiran tertentu. Selanjutnya teori yang digunakan peneliti ialah teori analisis framing, Metode ini merupakan cara yang digunakan untuk mengetahui bagaimana media membingkai atau mengemas isu atau peristiwa melalui teks yang terdapat dalam isi media. cara pandang atau perspektif itu pada akhirnya menentukan fakta apa yang diambil, bagian mana yang ditonjolkan dan dihilangkan, serta hendak dibawa kemana berita tersebut. Karenanya, berita menjadi manipulatif dan bertujuan mendominasi keberadaan subjek sebagai sesuatu yang legitimate, objektif, alamiah, wajar, atau tak terelakan. Dalam berita mengenai hijab halal yang diangkat detik.com dan liputan6.com penulis menemukan persamaan dan perbedaan dalam pembingkaiannya. Persamaan detik.com dan liputan6.com dalam pemberitaan hijab halal Zoya adalah kritik-kritik terhadap hijab halal Zoya. Perbedaan dari detik.com dan liputan6.com adalah berita yang diangkat detik.com terlihat bahwa cover both side sangat diterapkan oleh detik.com dan pendapat dari berbagai netizen diangkat sehingga netizen yang pro tahu bahwa ada juga yang kontra dengan hijab halal. Sedangkan berita liputan6.com adalah berita yang berisikan komentar serta kritik dari pihak tertentu. Dalam berita yang membahas polemik hijab halal Zoya cover both side tidak terlihat dari berita yang diangkat liputan6.com sehingga terlihat menghakimi Zoya. Kata Kunci: Framing, Zoya, hijab, halal, dan Online
Description: vii, 78 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35339
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DANI PERDANA SYA'BANI-FDK.pdf13.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.