Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35330
Title: Strategi humas Yayasan Husnul Khotimah dalam mensosialisasikan program unggulan Pondok Pesantren
Other Titles: --
Authors: Diana Amelia
Advisors: Zakaria
Keywords: strategi;humas;Yayasan Husnul Khotimah
Issue Date: Sep-2016
Publisher: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Series/Report no.: --;--
Abstract: Hubungan masyarakat atau yang lebih dikenal dengan Humas adalah merupakan unsur pendukung kegiatan organisasi atau lembaga. Selain itu humas juga sebagai pusat informasi yang bisa diterima oleh masyarakat luas. saat ini pondok pesntren pun mempunyai humas dalam upaya mensosialisasikan pondok pesantren, tidak terkecuali dengan pondok pesantren Husnul Khotimah. Husnul Khotimah memiliki humas juga dalam upaya mensosialisasikan pondok pesantren. Dengan adanya humas, pondok pesantren bisa jauh lebih maju dan dikenal oleh masyarakat. Berdasarkan konteks diatas, maka tujuan penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana perumusan strategi humas Yayasan Husnul Khotimah dalam mensosialisasikan Pondok Pesantren? Bagaimana implementasi strategi humas Yayasan Husnul Khotimah dalam mensosialisasikan Pondok Pesantren? Bagaiamana evaluasi strategi humas Yayasan Husnul Khotimah dalam mensosialisasikan Pondok Pesantren? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data deskriftif. Di dalam data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi penulis kumpulkan, olah serta sajikan dengan cara melaporkan data yang telah terkumpul secara apa adanya lalu disimpulkan. Sedangkan teori yang digunakan penulis sebagai pisau analisis dalam penelitian ini adalah konsep strategi yang dikemukakan oleh Fred R. David dalam Manajemen Startegi Konsep. Dalam konsep tersebut, Fred mengemukakan bahwa strategi memiliki tiga tahapan. Pertama perumusuan strategi, kedua implementasi strategi dan yang ketiga evaluasi strategi. Strategi yang dilakukan oleh humas Husnul Khotimah dalam mensosialisasikan Pondok Pesantren diawali dengan perumusan strategi berupa pendekatan kepada lembaga-lembaga yang ada di Indonesia seperti kemenag daerah, provinsi, dan pusat. Kemudian untuk mengimplementasikannya, humas Husnul Khotimah membuat agenda untuk silaturrahim kepada lembaga-lembaga tersebut. terakhir mengevaluasi semua kegiatan yang berjalan dan tidak berjalan dengan baik tentang mensosialisasikan Pondok Pesantren. Secara garis besar, strategi dalam mensosialisasikan Pondok Pesantren ini ada pada saat humas Husnul Khotimah melakukan perumusan strategi dengan memberikan informasi tentang bagaimana alumni-alumni yang sukses setelah mengenyam pendidikan di Yayasan Husnul Khotimah. Selain itu dengan memberikan informasi melalui websitenya tentang kegiatan yang dilakukan santri seperti mengikuti perlombaan dan meraih juara. Kata kunci: Strategi, Humas, Yayasan Husnul Khotimah, Pondok Pesantren dan mensosialiasikan.
Description: vii, 73 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35330
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIANA AMELIA-FDK.pdf1.95 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.