Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35329
Title: Kampanye sosial di media sosial (studi kasus computer mediated communication pada platform crowdfunding kitabisa.com)
Other Titles: --
Authors: Dian Andriani
Advisors: Fita Fathurokhmah
Keywords: media sosial;computer mediated communication;donasi online
Issue Date: May-2017
Publisher: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Series/Report no.: --;--
Abstract: Kehadiran new media membuat masyarakat melakukan berbagai perubahan, salah satunya dalam hal berdonasi. Dahulu masyarakat berdonasi offline dengan mendatangi masjid atau panti asuhan, kini masyarakat beralih dengan berdonasi secara online melalui layar di perangkat smartphone atau komputer. Platform untuk berdonasi online di Indonesia salah satunya adalah Kitabisa.com. Kitabisa.com turut digunakan oleh public figure dan telah mengikuti ajang internasional Startup Istanbul 2016. Donasi secara online memiliki banyak kelebihan, tetapi maraknya penipuan online membuat sebagian donatur merasa enggan untuk berdonasi online. Sehingga perlu adanya komunikasi yang baik antara penggalang dana dan donatur melalui computer mediated communication untuk meraih kepercayaan donatur. Berdasarkan latar belakang di atas maka timbulah pertanyaan, bagaimana komunikasi penggalang dana kampanye sosial dalam meraih donatur melalui komunikasi impersonal, interpersonal, dan hyperpersonal pada platform crowdfunding Kitabisa.com? bagaimana penggunaan media sosial (Facebook, Twitter dan Instagram) oleh platform crowdfunding Kitabisa.com sehingga menjadi platform donasi online yang terpercaya di Indonesia? Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dimana realitas ada merupakan hasil konstruksi dari kemampuan berfikir seseorang. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus yang merupakan strategi penelitian dimana didalamnya menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktifitas, proses atau sekelompok individu. Kasus-kasus dibatasi oleh waktu, aktifitas, dan peneliti mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Information Processing Theory Joseph Walther yang membahas tentang fenomena pengembangan hubungan dalam format computer mediated communication. Kajian dalam computer mediated communication lebih mengkhususkan pada komunikasi interpersonal manusia melalui internet atau web. Pada teori ini ada tiga perspektif yang mengkaji tentang computer mediated communication yaitu komunikasi impersonal, interpersonal, dan hyperpersonal. Dalam kegiatan kampanye sosial, penggalang dana dan donatur melakukan komunikasi melalui computer mediated communication dengan tahapan impersonal, interpersonal, dan hyperpersonal. Pada tahap impersonal, penggalang dana kurang memaksimalkan penggunaan emoticon dan foto sebagai pengganti bahasa nonverbal. Kemudian pada tahap interpersonal, penggalang dana dan donatur keduanya saling membuka diri sehingga komunikasi yang terjadi melalui computer mediated communication terasa setara dengan komunikasi tatap muka (face-to-face). Terakhir pada tahap hyperpersonal, hasil temuan menyatakan bahwa komunikasi tatap muka (face-to-face) lebih efektif karena tanpa menggunakan media dalam menyampaikan pesannya sehingga menghindari adanya miss communication. Kategori kampanye sosial di Kitabisa.com yang paling unggul adalah Beasiswa dan Pendidikan dengan 560 kampanye. Untuk meraih kepercayaan masyarakat agar beralih dari donasi offline ke donasi online, Kitabisa.com mempunyai strategi komunikasi dalam penggunaan media sosial. Strategi tersebut meliputi format, tipe konten, dan partnership. Setelah menentukan strategi pada penggunaan media sosial, ada pula tahapan yang harus dilalui sebelum Kitabisa.com mengunggah suatu konten di media sosial yaitu brainstorming pada setiap hari senin untuk menentukan jadwal konten satu minggu ke depan. Keywords: media sosial, computer mediated communication, donasi online.
Description: x, 87 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35329
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
DIAN ANDRIANI-FDK.pdf6.72 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.