Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35322
Title: Representasi perempuan islam dalam iklan fair and lovely versi nikah atau S2
Other Titles: --
Authors: Apik Sopankatanya
Advisors: Fatmawati
Keywords: semiotika;represetasi;iklan;perempuan;fair dan lovely
Issue Date: Jan-2017
Publisher: Fakultas Adab dan Humaniora
Series/Report no.: --;--
Abstract: Iklan merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh institusi atau perusahaan dalam rangka mempromosikan barang ataupun jasa yang mereka miliki. Dalam usaha menyebar luaskan iklan maka dibutuhkan media massa. Dari berbagai jenis media massa yang ada, iklan di televisi dinilai lebih kuat dibandingkan dengan media lainnya. Hal ini dikarenakan televisi memiliki jangkauan yang luas, fleksibel, dan berbagai keunggulan lainnya. Salah satu produk yang memasarkan produknya melalui saluran televisi adalah cream pencerah wajah Fair and Lovely. Dari berbagai versi iklan yang Fair and Lovely tampilkan di televisi, ada salah satu iklan yang berbeda yakni iklan Fair and Lovely versi Nikah atau S2. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana perempuan Islam direpresentasikan dalam iklan Fair and Lovely Versi Nikah atau S2? Bagaimana makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam iklan Fair and Lovely Versi Nikah atau S2? Metodologi penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes. Analisis semiotik model Roland Barthes dilakukan dengan cara mengupas makna denotasi, konotasi dan mitos mengenai representasi perempuan Islam dalam iklan Fair and Lovely Versi Nikah atau S2. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari iklan Fair and Lovely Versi Nikah atau S2 di televisi sedangkan data sekunder, penulis mencari referensi dari literature-literatur baik buku, jurnal, dokumen maupun sumber-sumber lain yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teori representasi Stuart Hall dan konsep semiotika Roland Barthes. Menurut Stuart Hall representasi merupakan perwakilan yang menghubungkan makna dan bahasa. Representasi dapat berwujud gambar, kata, cerita yang mewakili ide, emosi, fakta dan sebagainya. Dan bagaimana representasi tersebut dikaitkan dengan semiotika Rolland Barthes yang mengembangkan semiotika menjadi dua tataran petanda tentang makna yang terkandung dalam iklan. Barthes menjelaskan signifikasi tahap pertama merupakan hubungan penanda dengan petanda yang disebut sebagai denotasi, kemudian konotasi adalah istilah untuk menunjukkan signifikasi tahap kedua, dan pada signifikasi tahap kedua yang berhubungan dengan isi, tanda bekerja melalui mitos. Hasil penelitian terhadap iklan Fair and Lovely versi Nikah atau S2 adalah perempuan Islam direpresentasikan bahwa perempuan Islam saat ini berpakaian muslimah yang modern, perempuan Islam diatur oleh orang tuanya terkait pasangan hidup yang tepat sesuai dengan standar tertentu, perempuan Islam merawat kecantikan diri dan peduli penampilan, perempuan Islam ingin setara dengan laki-laki terutama dalam hal pendidikan dan karir. Keyword: Semiotika, Represetasi, Iklan, Perempuan, Fair and Lovely
Description: viii, 73 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35322
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
APIK SOPANKATANYA-FDK.pdf6.61 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.