Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35299
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Mathtainment dengan Menggunakan Software SWiSH Max 4 Pada Materi Bangun Datar Segiempat
Authors: Anis Fitriah
Advisors: Dr. Tita Khalis Maryati, M.Kom.
Dr. Lia Kurniawati, M.Pd
Issue Date: 27-Jul-2017
Publisher: SWiSH Max, Media Pembelajaran, Math-tainment, Research and Development
Abstract: Mathtainment adalah media pembelajaran berupa aplikasi komputer yang di dalamnya mengandung prinsip pendidikan (education), materi matematika (math) dan hiburan (entertainment). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis math-tainment pada materi bangun datar segiempat untuk siswa SMP kelas VII dan mengetahui keefektivan media pembelajaran matematika math-tainment yang dikembangkan dengan menggunakan Software SWiSH Max 4. Pengembangan media pembelajaran ini mengadaptasi langkahlangkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall, meliputi (1) Penelitian dan pengumpulan data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan draft produk, (4) Uji coba lapangan awal, (5) Revisi hasil uji coba, (6) Produk Akhir. Subjek ujicoba dilakukan pada siswa SMP kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria sangat baik berdasarkan validasi ahli media, sedangkan berdasarkan validasi ahli materi dan siswa secara keseluruhan memenuhi kriteria baik. Dari hasil uji coba penelitian skripsi menunjukan dominasi respon positif dengan hasil belajar tuntas dan mencapai KKM, sehingga media dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP/MTs.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35299
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Anis Fitriah-FITK19.73 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.