Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35298
Title: Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Tangerang
Authors: Eka Cahyati
Advisors: Hasyim Asy'ari
Keywords: Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Issue Date: 24-Jul-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Kinerja guru di SMK NEGERI 1 TANGERANG. Mengukur besarnya Hubungan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan rancangan non eksperimen. Populasi adalah seluruh guru tetap dan berstatus Pegawi Negeri Sipil pada SMK NEGERI 1 TANGERANG sejumlah 72 orang dengan sampelnya 30 orang. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah angket dengan jenis instrumennya angket dan skala yang lebih dahulu diujikian tingkat validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data adalah menentukan kecenderungan umum responden, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Melalui uji korelasi, diperoleh nilai variabel (X) sebesar 0,711, artinya bila komunikasi interpersonal kepala sekolah di tingkatkan maka akan menghasilkan kinerja guru meningkat. Sedangkan melalui koefisien penentu atau koefisien determinan komunikasi interpersonal kepala sekolah (X) sebesar 0,488, sehingga variasi peningkatan dan penurunan kinerja guru dapat dijelaskan oleh variabel komunikasi interpersonal kepala sekolah sebesar 48,8%, dan terlihat dari factor lain sebesar 51,2%. Melalui uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Komunikasi Interpersonal kepala sekolah sebesar 5,355 (rhitung) dan 1,701 (rtabel), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel (X) dan variabel (Y) di SMK NEGERI 1 TANGERANG. Untuk meningkatkan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, disarankan agar pemimpin dapat lebih memahami kematangan para bawahanya sehingga dapat dengan mudah memberikan arahan dan pelatihan kepada para guru yang masih memiliki kemampuan kinerja yang rendah. Dengan begitu maka kualitas kinerja guru akan meningkat. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah, Kinerja Guru
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35298
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
EKA CAHYATI-FITK.pdf11.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.