Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35293
Title: Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kedisiplinan Siswa di MA Islamiyah Ciputat
Authors: Abdul Rohmat
Advisors: Sapiudin Shidiq
Keywords: Reward, Punisment, Kedisiplinan Siswa
Issue Date: 2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa di sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut maka dilakukan pengukuran terhadap faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) terhadap kedisiplinan siswa khususnya di MA Islamiyah Ciputat. Penelitian ini dilakukan di MA Islamiyah Ciputat. Instrumen penelitian ini menggunakan studi dokumentasi, lembar observasi dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, dengan teknik pengambilan sampel random sampling.Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji f dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y=0,4002+0,585 X_1+0,383X_2 Persamaan yang terbentuk menunjukan hasil positif, artinya pengaruh yang dihasilkan pun positif. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua variabel X yakniX1=reward (penghargaan) dan X2= punishment (hukuman) secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (terpisah) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa di MA Islamiyah Ciputat. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji f untuk pengujian secara simultan dan hasil uji t untuk pengujian secara parsial.Hasil uji f menunjukkan fhitung lebih besar dari ftabel (55,955> 3,35). Maka, Ho ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan terbukti kebenarannya.Selanjutnya hasil uji t menunjukan thitung X1dan thitung X2lebih besar dari ttabel (4,713 dan 2,201> 2,048).Selanjutnya, angka Adjustend R Square yaitu sebesar 0,791 menunjukkan bahwa 79,1% kedisiplinan siswa di MA Islamiyah Ciputat bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan. sedangkan sisanya 20,9% dijelaskan oleh variabel lain.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35293
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
ABDUL ROHMAT-FITK.pdf2.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.