Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35292
Title: Program pengembangan kompetensi pedagogik guru di smk islamiyah ciputat
Authors: Sri Purwanti
Advisors: Zahruddin
Jejen Musfah
Issue Date: 21-Jun-2017
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan program pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMK Islamiyah Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai program pengembangan kompetensi pedagogik di SMK Islamiyah Ciputat. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pihak yang di wawancara adalah kepala sekolah sebagai subjek penelitian, wakil kepala bidang kurikulum, dan 5 orang guru sebagai sumber data.Observasi yang dilakukan saat aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Studi dokumentasi dilakukan dengan pengambilan gambar secara langsung dan meminta arsip atau berkas-berkas kepada dewan guru yang di wawancara terkait dengan kegiatan pengembangan kompetensi pedagogik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan kompetensi pedagogik di SMK Islamiyah Ciputat cukup baik. Hal ini terlihat ada beberapa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru diantaranya mengadakan pelatihan, seminar, dan workshop, mengadakan diskusi intern, dan kepala sekolah juga selalu mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan pelatihan atau kegiatan pengembangan yang diadakan oleh lembaga lain. Akan tetapi hal ini dilaksanakan hanya sesuai kebutuhan saat itu, dan kegiatan pengembangan kompetensi pedagogik tersebut tidak terjadwalkan secara rutin dan tidak tertulis. Dalam hal ini, agar program pengembangan kompetensi pedagogik di SMK Islamiyah berjalan dengan baik dan efektif, maka jika program kegiatan pengembangan diadakan di sekolah hendaknya pihak sekolah membuat program serta perencanaan secara tertulis terkait dengan kegiatan yang ingin diadakan. Pihak sekolah juga menyusun kepanitiaan, terkait dengan pihak-pihak yang memang bertanggung jawab dalam pengembangan kompetensi guru, sehingga lebih terjadwalnya program pengembangan kompetensi pedagogik untuk para guru dalam mengasah dan mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Kata kunci : Pengembangan, Kompetensi Pedagogik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35292
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
SRI PURWANTI-FITK.pdf40.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.