UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
04 Fakultas Syariah dan Hukum >
0460 Muamalat (Ekonomi Islam) >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3529

Title: Pengaruh promosi terhadap jumlah nasabah BMT Cengkareng Syariah Mandiri ( BCSM) Jakarta Barat
Advisor: Azizah
Authors: Mawar Juita
Issue Date: 5-Oct-2010
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum, 2010
Series/Report no.: 0111-01-7115;3681 MEI s
Abstract: Berdasarkan pembahasan pada BAB IV yang diselesaikan menurut metode penelitian yang telah diuraikan sebelumnya dan jawaban atas rumusan masalah yang terdapat pada BAB I, maka peneliti dapat memberikan beberapa kesimpulan mengenai pengaruh Biaya promosi terhadap jumlah nasabah sebagai berikut : 1. Secara teori biaya promosi mempengaruhi jumlah nasabah, hal ini dapat dibuktikan dari hasil penelitian saudara Wahyu Kurniawan yang berjudul Pengaruh Promotion Mix terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Bank (Studi Kasus di BPRS Amanah, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik) menyatakan bahwa biaya promosi dapat meningkatkan jumlah nasabah. 2. Peta atau gambaran biaya promosi dan jumlah nasabah BMT Cengkareng Syariah Mandiri (BCSM) 4 tahun terakhir : tahun 2006 BCSM mengeluarkan biaya promosi sebesar Rp 2.877.750 dan mendapatkan nasabah sebanyak 364 orang, tahun 2007 BCSM mengeluarkan biaya promosi sebesar Rp 1.409.086 dan mendapatkan nasabah sebanyak 482 orang, tahun 2008 BCSM mengeluarkan biaya promosi sebesar Rp1.662.628 dan mendapatkan nasabah sebanyak 838 orang, dan tahun 2009 BCSM mengeluarkan biaya promosi sebesar Rp 3.493.957 dan mendapatkan nasabah sebanyak 1422 orang. Dari table diatas terlihat bahwa biaya promosi mengalami penurunan pada tahun 2007 tetapi, pada tahun berikutnya mengalami peningkatan, begitu pula jumlah nasabah terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun. 3. Secara umum dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi, tidak berpengaruh terhadap jumlah nasabah tetapi promosi itu sendiri dapat meningkatkan jumlah nasabah BMT Cengkareng Syariah Mandiri (BCSM) Jakarta Barat itu terbukti bahwa dari tahun ketahun jumlah nasabah semakin meningkat karena BCSM menggunakan konsep promossi kreatif artinya BGSM menggunakan biaya promosi seminim mungkin vtetapi penyebarannya secara luas dan menyeluruh dengan menggunakan media-media seperti internet dan majlis ta’lim.
Description: iv, 120 hal.; 27cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3529
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

File Description SizeFormat
MAWAR JUITA-FSH.pdf439.68 kBAdobe PDFView/Open

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.