Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35276
Title: Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Pendekatan Reward dan Punishment pada Siswa Kelas IV MI/SD
Authors: Fikriyatul Huda
Advisors: Zikri Neni Iska
Marzuki Mahmud
Issue Date: 21-Jul-2017
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dengan pendekatan Reward dan Punishment siswa kelas IV SDI Al Kautsar Bintaro. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan langkah-langkah yang sama untuk meningkatkan keterampilan membaca melalui pendekatan Reward dan Punishment. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDI Al Kautsar Bintaro yang berjumlah 20 siswa pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca pada siswa kelas IV melalui pendekatan Reward dan Punishment mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian dan observasi aktivitas pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil penilaian keterampilan membaca siklus I dengan rerata yang diperoleh 70,25, 70% siswa mencapai KKM 75, sedangkan pada siklus II dengan rerata 83,75, 90% siswa mencapai KKM 75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Reward dan Punishment meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas IV SDI Al Kautsar Bintaro. Demikian juga dengan hasil observasi aktivitas pembelajaran siklus I dan siklus II yang menunjukkan bahwa pembelajaran membaca sudah menunjukkan kategori amat baik. Dari kesimpulan di atas sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini, maka dapat di kemukakan beberapa saran sebagai berikut: Pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan pada pendekatan Reward dan Punishment di sekolah sehingga guru-guru yang lain dapat menerapkan pendekatan Reward dan Punishment dan membawa siswa dalam pembelajaran yang menyenangkan dan penggunaan pendekatan Reward dan Punishment dalam keterampilan membaca dapat mendorong siswa dalam membaca. Khususnya SDI Al kautsar Bintaro hendaknya dapat menerapkan pendekatan Reward dan Punishment pada mata pelajaran yang lain. Kata kunci: Pendekatan Reward dan Punishment dan Keterampilan Membaca
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35276
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Fikriyatul Huda-FITK8.29 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.