Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35271
Title: Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Bagi Mahasiswa Difabel di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Other Titles: --
Authors: Tridiwa Arief Sulistyo
Advisors: Siti Napsiyah Ariefuzzaman
Keywords: difabel;aksesbilitas
Issue Date: Mar-2017
Publisher: Fakultas Ilmu Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta
Series/Report no.: --;--
Abstract: Pendidikan Inklusif adalah sebuah istilah dimana seseorang difabel dapat menempuh pendidikan bersama dengan orang yang non difabel. Dalam hal ini pemerintah Indonesia juga sudah membuat sebuah payung hukum terkait pendidikan inklusif untuk tingkat universitas. Karena itu universitas sebagai sebuah lembaga pendidikan perguruan tinggi seharusnya berani memberikan sebuah teladan kepada masyarakat luas dalam menciptakan suasana yang ramah bagi difabel. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia sebenarnya juga harus berani memberi teladan dengan memberikan pelayanan yang ramah bagi difabel dengan merancang pendidikan inklusif yaitu memberikan akses pendidikan yang adil bagi setiap orang yang ingin melanjutkan tingkat pendidikannya. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pendidikan inklusif bagi difabel di tingkat universitas khususnya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan bagaimana aksesibilitas untuk mahasiswa difabel dalam rangka mendorong kemandiriannya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, Teknik purposive sampling ini, bertujuan untuk memilih informan atas dasar pertimbangan tertentu dan dianggap sebagai orang yang tepat untuk memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini, peneliti mewawancarai pemangku kebijakan yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan mahasiswa difabel di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi kebijakan pendidikan inklusif di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masih belum berjalan dengan baik dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam negeri masih belum ramah terhadap mahasiswa difabel. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memang sudah menerima mahasiswa difabel yang dilihat dari seleksi masuk penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri pun sudah dikelola dengan baik seperti penyediaan kolom difabel atau tidak di kertas form pendaftaran, menyiapkan ruangan khusus yang dapat diakses oleh difabel dan voulenteer yang siap mendampingi calon mahasiswa baru. Akan tetapi untuk aksesibilitas bagi mahasiswa difabel itu yang masih kurang, sehingga bagi mahasiswa difabel mereka banyak mengalami kesulitan dalam menjalankan proses akademisnya.
Description: ix, 102 hal,; 29,5 cm
metadata.dc.description.uri: --
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35271
ISSN: --
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
TRIDIWA ARIEF SULISTYO-FDK.pdf6.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.